1. PENGERTIAN
A. Arsitektur Komputer
Arsitektur
Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang
digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
B. Organisasi Komputer
Organisasi
Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional
computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal
kontrol, interface, teknologi memori.
2. PERBEDAAN
A. Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan
bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana
CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan
ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue
Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target
biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut – atribut sistem
komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak
langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
B. Organisasi Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional
dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam
merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang
terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional
adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan
sinyal – sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian
atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer.
Contohnya: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi
pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara
langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan
unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem
computer dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi
arsitektural.
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.
Perbedaaan Utamanya :
a. Arsitektur Komputer :
- Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
- Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
b. Organisasi Komputer :
- Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional.
- Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control.
sumber:
http://rosdianasetiawan.blogspot.co.id/2013/02/perbedaan-arsitektur-organisasi-komputer.html
http://faridadi91.blogspot.co.id/2012/10/perbedaan-arsitektur-dan-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar